Belajar lebih dari Ekspektasi

Written by Joshua Axel Limandjaja

Nama saya Joshua Axel Limandjaja mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya yang sedang menjalani studi di semester 7. Di semester 7 ini saya diharuskan untuk melakukan kerja praktek atau magang. Dari sekian banyak pilihan dan saya memutuskan untuk magang di Anatman Pictures dengan harapan mampu mendapatkan ilmu film dokumenter karena saya tidak mengerti proses pembuatan dokumenter. Selama di Anatman Pictures saya mengerjakan 2 konten dokumenter pribadi berjudul Bambu Ajaib dan Cycle for Life. Membantu pengerjaan dokumenter rekan saya seperti World Photography day, Miniatur Ondel-Ondel, dan kampung proiklim, menjadi editor BTS Amartha, dan sempat membantu pengerjaan video Musical Interlude.

 

Magang dilakukan selama 2 bulan dan dimulai tanggal 29 Juli, saya disambut dengan baik oleh beberapa teman dari anatman. Selama magang di Anatman ternyata saya tidak hanya belajar soal dokumenter, tapi banyak hal lain seperti musik, color grading, bahkan disini saya berkesempatan menggunakan kamera cinema untuk membuat suatu konten dimana kesempatan ini sangat minim didapatkan di tempat lain. Dan kerennya juga walaupun magang menjadi videographer, bakal banyak sekali yang kita pelajari dalam pengerjaan konten seperti riset konten, berkomunikasi dengan subjek, memikirkan alur dari konten itu, editing, dan sebagainya. 

Di Anatman Pictures juga tidak hanya mengajarkan soal bekerja, namun menata hidup. Disana kita akan diajarkan untuk mandiri dan tidak egois. Hal ini sangat membantu saya untuk menjadi orang yang lebih baik dan jarang di temukan di tempat lain.

Untuk kalian yang ingin mencoba magang di Anatman Pictures, saya sarankan untuk menjalaninya dengan durasi yang lama. Saya menjalani selama 2 bulan dan itu tidak cukup karena masih banyak hal yang belum saya sempat pelajari.

 

Poppy Nur

No Comments

Leave a Comment