Pengalaman Magang di Anatman Pictures

Written by Jane Budiman

Saya Jane Budiman, mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan, penjurusan animasi.

Sebagai syarat untuk melanjutkan tahapan kuliah saya menuju tugas akhir, saya menjalankan program kerja praktek di PT. Anatman Film Indonesia. Setelah melihat apa saja yang telah dikerjakan oleh Anatman, saya merasa sangat cocok dengan karya-karyanya, terutama karena adanya konten animasi yang dibuat. Karena itu, saya merasa akan belajar banyak di Anatman sebagai seorang animator, sejak pertama kali datang, saya merasa disambut dengan sangat baik dan secara keseluruhan suasana di kantor sangat menyenangkan.

 

Selama menjalankan kerja praktek, saya sangat bersyukur diberikan kesempatan untuk membantu banyak hal, mulai dari membantu mengerjakan Sampah Sandi, membuat post Instagram bersama teman saya Alvin, membuat aset serta animasi untuk mendukung video dokumenter, serta dipercaya untuk mengerjakan motion graphic. Tidak hanya mengerjakan animasi, saya juga dipercaya membuat aset, baik aset gambar untuk Sampah Sandi, sampai pada aset vector untuk keperluan motion graphic. Dalam beberapa kesempatan, saya merasa diri saya ditantang untuk mencoba hal-hal baru di luar zona nyaman saya, termasuk menggambar dengan style yang tidak pernah saya pakai, bahkan juga merekam suara untuk menjadi guide voice over. Saya juga merasa sangat senang karena ikut dilibatkan dalam tahapan pra-produksi yaitu pada saat mendiskusikan visual dari sebuah video.

Program kerja praktek ini membuat saya menjadi lebih paham dengan apa yang terjadi dalam industri, serta mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai tahapan produksi sebuah animasi. Selain itu saya juga belajar untuk dapat mengerjakan segala sesuatunya dengan efektif dan efisien.  Saya ingin berterimakasih kepada semua orang yang telah membantu saya selama menjalankan program kerja praktek saya di PT. Anatman Film Indonesia. Walaupun waktu saya sangat singkat, selama 2 bulan ini saya mendapatkan banyak pelajaran berharga yang  pastinya akan berguna bagi saya untuk kedepannya. Saya juga berharap Anatman dapat terus berkembang dan menyajikan berbagai konten edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Poppy Nur

No Comments

Leave a Comment