Dengar cerita Dewang tentang Magang ini

Filming Behind the Scenes footage for a TVC production at Anatman Pictures.

Written by Dewangkoro Rinugroho

Ketika saya memilih untuk mendaftarkan diri dan menjalankan magang di Anatman Pictures, semua terasa begitu surreal. Tidak ada alasan khusus dan rinci untuk saya dalam memilih magang disini. Hanya ketertarikan untuk dapat terjun dan terlibat di dalam sebuah production house yang meluncurkan berbagai macam konten documenter yang menarik dan membawa nilai yang sangat humanis ke khalayak banyak.

 

  1. 1. Shooting Day “Wisdom Crafter: Ajaran Yang Luhur

 

Editing documentary footage for content at Anatman Pictures.

  1. 2. Editing at Anatman Pictures Office

Sebagai mahasiswa semester 7, di Institut Seni Indonesia Yogyakarta Jurusan Film dan Televisi, pada saat itu saya hanya ingin berkarya dan belajar bagaimana sebuah production house yang pada sehari-harinya juga membuat TVC (Television Commercial), juga dapat membuat berbagai dokumenter menarik di saat yang bersamaan. Ditempatkan sebagai videograpgher di Divisi Production Team 2, saya mendapatkan jawaban tersebut; bahkan lebih dari yang saya kira.

2 bulan yang saya habiskan untuk belajar disini merupakan pengalaman dan pilihan terbaik yang dapat saya harapkan. Mengerjakan beberapa konten 1 menit seperti “Crew Stories: Art Director”, “Wisdom Crafter: Ajaran Yang Luhur”, dan ada pula BTS Amartha untuk TVC nya yang kedua. Sebenarnya saya masih mengerjakan satu konten lagi, namun karena waktu yang tidak mendukung, konten tersebut harus diundur.

Banyak pengalaman yang didapat selama 2 bulan disini, saya banyak belajar mengenai workflow dan pembuatan konten dari riset, shooting day, editing, color grading, music spotting, dan bahkan sound mixing. Selama magang saya banyak belajar dan juga menghasilkan konten sehingga saya banyak belajar secara hands-on dan mendapatkan pengalaman secara langsung. Tak hanya itu, tapi saya juga berkesempatan untuk melihat workflow shooting day untuk beberapa TVC lainnya juga (Bahkan sempat membantu dan melihat proses casting juga!).

Anatman Pictures crew in the studio in Jakarta.

Memilih untuk magang di Anatman Pictures membuat saya belajar banyak hal, mulai dari gaya hidup dalam kantor, pengalaman Bersama rekan-rekan kerja, pengalaman berkerja dan menciptakan konten saya sendiri, semuanya telah memberikan banyak pelajaran yang akan terus berkesan. Dua bulan berlalu terlalu cepat dan masih banyak hal yang bisa saya pelajari disana. Mungkin untuk lain waktu, namun waktu saya selama disini, terbayarkan dengan banyaknya ilmu yang saya dapat.

Jangan ragu jika kalian mau mencoba magang di Anatman Pictures, tak ada waktu yang terbuang sia-sia selama kamu disini. Terimakasih banyak Anatman Pictures, for everything. Semoga dapat bertemu di lain waktu.

 

 

Poppy Nur

No Comments

Leave a Comment