Cerita Magang Illustrasi & Animasi di Anatman Academy

By Azel & Gagas

Cerita Animator - Azel


Anatman Pictures adalah salah satu dari beberapa production house yang ada dalam list “where to learn” saya. Pada April 2021, saya menerima surel yang menyatakan saya lolos is recruitment magang sebagai animator di rumah produksi ini. Sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual dengan peminatan animasi, tentunya ini merupakan kesempatan besar bagi saya untuk belajar, mengembangkan diri, serta menambah relasi dalam dunia produksi. Visualisasi konten melalui animasi dalam karya dokumenter sudah menjadi keingintahuan saya dari dulu. Hal inilah yang ingin saya pelajari disini.

Melalui program Anatman Academy, saya belajar mengenai keseluruhan proses produksi. Mulai dari pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Termasuk di dalamnya bagaimana merancang sebuah konsep yang menarik, alur kerja video komersil dan dokumenter, brainstorming dalam animasi, gfx dan cfx, color grading, hingga audio editing. Pada setiap minggunya, kami Interns Anatman Academy diberi tugas mengenai materi terkait untuk kemudian dipublikasikan pada instagram Anatman. Pada akhir periode, saya bersama interns lain mendapat Final Project berupa produksi film dengan tema lingkungan. Final Project ini adalah bentuk implementasi dari materi-materi yang telah diajarkan untuk kemudian dieksekusi bersama oleh Interns Anatman Academy periode ini.


Awalnya saya banyak menyimpan ragu. Kami, para interns, berada di lokasi yang berbeda-beda. Jules, Putri, dan Irene di Jakarta, saya dan Gagas di Bandung, Ary di Medan, dan Niken di Bali. Namun, ternyata setelah dijalani, memproduksi karya kolektif bersama orang baru secara daring jadi nampak mungkin-mungkin saja. Walau tetap ada kendala dikarenakan satu atau dua penyebab. Keseluruhan rangkaian program cukup insightful dan menarik. Sayang, rentetan program ini dilakukan secara daring sehingga aspek praktik pun menjadi kurang disini. But again, bagi saya tetap tidak menghilangkan keseruan the whole program. Anggaplah mengisi kegiatan di rumah saja dengan menjadi bagian dari Anatman Pictures! Thanks a ton for letting me in🌹





Cerita Illustrator - Gagas


Hai namaku Gagas, mahasiswa Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Bandung. Suatu kebanggaan bisa menjejakkan kaki untuk belajar tentang produksi film dan animasi melalui program Anatman Academy di Anatman Pictures. Berawal dari informasi magang yang ada di laman Instagram Anatman Pictures, aku mencoba mengumpulkan CV dan portfolio yang diminta melalui email. Pada awalnya, aku sempat merasa ragu dengan skill yang aku punya ketika mendaftar, karena pasti banyak calon anak intern lain yang lebih jago dariku di luar sana. Syukurlah, setelah melalui proses wawancara, aku mendapatkan email bahwa aku diterima bergabung di program Anatman Academy.


Di Anatman Academy, aku berkesempatan mengenal teman-teman dari berbagai background dan skill yang keren di bidangnya masing-masing. Namun sayang, kondisi pandemi COVID-19 memaksa kami untuk mengikuti program Anatman Academy secara daring. Sedihnya lagi, karena kondisi PPKM yang ketat, kami para intern juga belum berkesempatan untuk mengunjungi kantor Anatman Pictures secara langsung. Semoga di Anatman Academy batch selanjutnya para intern dapat berkesempatan untuk mengikuti program magang di Anatman Academy secara luring.


Pengalaman intern di Anatman Academy sangatlah berkesan, karena sistem dan proses belajarnya yang berbeda seperti membawa warna baru dalam dunia magang. Program magang di Anatman Academy seperti belajar di kelas, ada mentor dan pemaparan materi yang sangat detail tentang produksi film dan animasi di Anatman, mulai dari tahap pra produksi, produksi, hingga pasca produksi. Tak hanya itu, ada juga tugas yang diberikan tiap minggunya yang berkaitan dengan materi yang telah diberikan. Dan satu lagi, para mentor dan kakak-kakak di Anatman keren-keren dan baik sekali, mereka selalu membimbing para intern dalam setiap pembuatan weekly tasks hingga final project.


Untuk final project sendiri kami diarahkan untuk membuat film dokumenter dengan topik lingkungan yang semua materinya yang telah diberikan. Awalnya kami ragu, apakah kami bisa menyelesaikan final project ini dengan baik? Mengingat kondisi PPKM yang ketat, dan lokasi para intern yang berada di daerah asal masing-masing. Namun pada akhirnya, final project yang kami kerjakan bisa selesai dengan baik dan hasil yang memuaskan, karena usaha dan kekompakan teman-teman intern yang luar biasa. Tentu saja dengan bimbingan dan mentoring dari kakak-kakak Anatman yang memberi masukan di setiap proses yang kami kerjakan.


Belajar dan bertemu teman-teman yang memiliki minat di bidang produksi film dan animasi di Anatman Academy, merupakan pengalaman saya yang berharga. Semoga ilmu dan keterampilan yang saya peroleh selama mengikuti intern di Anatman Academy dapat terus terasah dan bermanfaat di lain kesempatan. Sukses selalu teman-teman interns dan sukses selalu untuk Anatman Pictures!

45 views0 comments

Recent Posts

See All