When in Anatman…

by Putri Ahimsa


Hello. Perkenalkan, aku Putri Ahimsa. Sebelum menceritakan pengalaman aku ketika menjalani program Internship Anatman Academy yang dibuat oleh Anatman Pictures. Aku ceritakan terlebih dahulu mengenai latar belakang ku hingga bisa sampai ada di program Internship Anatman Academy. Setelah lulus dari Institut Kesenian Jakarta dengan mayor Studi Dokumenter, sembari mencari-cari kesempatan sampai pada hari hadirnya postingan Anatman Picures di Instagram.


Anatman Pictures membuka program Internship yaitu Anatman Academy. Awalnya memang sangat tertarik, karena hal yang utama adalah aku merasa Anatman Pictures dan latar belakang studi-ku di Dokumenter. Karena beberapa waktu sebelumnya pun sudah mengikuti geliat produksi-produksi dokumenter dari Anatman Pictures. Sampai pada tahap pendaftaran, wawancara hingga akhirnya diterima dengan job description sebagai Producer di Anatman Academy.


Program Internship Anatman Academy ini cukup berbeda, karena di dalam internship ini aku dan beberapa orang lainnya dibuat menjadi satu tim. Sebuah tim produksi dengan job description yang berbeda-beda. Lalu yang paling menarik lagi di dalam program internship ini, aku dan anggota tim lainnya diberikan seperti kelas dan workshop mengenai produksi film pendek dokumenter hingga animasi. Namun juga masukan dan arahan dari para mentors tidak hanya mengenai produksi dokumenter saja tapi juga seperti workflow produksi iklan hingga pengerjaan animasi.

Bertemu dengan anggota tim yang sama sekali belum dikenal sebelumnya. Awalnya cukup menantang karena khawatir dengan kerja sama yang akan dilakukan nantinya. Namun, pada akhirnya setelah penyesuaian yang begitu panjang dari awal berdiskusi hingga mengerjakan Final Exam berupa Film Pendek Dokumenter. Meet my Super Team!

Tim ini benar-benar memberikan banyak pelajaran mengenai kerja sama di dalam teamworks. Terlebih program intership ini dilakukan secara online dari bulan April sampai November. Setelah melalui beberapa konten, dokumenter pendek, hingga animasi yang dikerjakan oleh tim dengan bantuan mentors yang sangat membantu. Bisa dikatakan seperti melakukan persiapan untuk menjadi Producer ketika mengatur teamworks, scheduling, workflow suatu produksi dari Research - developmentPre-production - Production – Production sampai Final Delivery.


Sejauh ini, berada di dalam program Internship Anatman Academy seperti belajar kembali mengenai produksi dokumenter, dan juga mengembangkan kemampuan manajemen workflow dan waktu serta teamworks.

39 views0 comments

Recent Posts

See All